Selasa, 02 Desember 2014

9 BLOK BANGUNAN DASAR POCARI SWEAT



Kembali lagi bersama Christian dalam entri blog terhot, terpopuler, dan paling baru ini. Kali ini kita akan membahas seputar 9 blok bangunan dasar yang penting dalam pemilihan model bisnis yang akan dijalankan. Objek analisis yang saya pilih adalah POCARI SWEAT
Tapi sebelum kita masuk ke materi yang serius….yuk kita lihat dulu video jingle dari pocari sweat dibawah ini yah


Udah seger kan matanya. Sekarang kita akan kupas satu persatu apa saja 9 blok bangunan dasar yang diaplikasikan oleh pocari sweat dalam bisnisnya. Kita akan mulai dari =

1.     1, Customer segments yaitu sekelompok orang / organisasi yang menjadi target pemasaran perusahaan .
POCARI SWEAT diciptakan dengan nilai dan kualitas tinggi, agar rasa dan manfaatnya  juga tidak rendahan dan dapat dirasakan secara maksimal oleh konsumen. POCARI SWEAT diciptakan untuk konsumen yang memiliki kebutuhan minuman pengganti cairan tubuh saat melakukan aktivitas yang menguras banyak tenaga atau cairan dalam tubuh.

2.       2. Value propositions adalah nilai yang ditawarkan kepada pelanggan oleh perusahaan.
Nilai yang diberikan berupa kepuasan rasa dan asupan nutrisi yang penting dalam tubuh. Nutrisi yang dikemas dengan menggantikan fungsi infus dengan rasa yang lebih nikmat untuk dikonsumsi juga memberikan nilai praktis, sehingga para konsumen yang memiliki daya aktivitas yang tinggi dan menguras tenaga tidak perlu repot dalam proses pengembalian stamina didalam tubuh. POCARI SWEAT sangat membantu dalam hal ini. Sehingga para konsumen terpuaskan.
.
3.       3. Channels adalah saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelangannya serta memberikan proposisi nilai.
Channels yang digunakan  Otsuka Pharmaceutical  dalam memasarkan produknya dimulai dari turun langsung atau langsung menjual produk POCARI SWEAT ke konsumen, menemui setiap konsumen yang ditemui di jalan. Kemudian melakukan evaluasi dan merubah cara pemasaran dengan mendistribusikan melalui pedagang-pedagang yang memiliki toko. Cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan ini merupakan cara yang paling bagus dalam pemasaran produk baru. Dengan begitu, tenaga dapat dihemat dan tempat-tempat pendistribusian lebih luas daripada harus turun langsung.

4.       4. Customer relationship menggambarkan cara perusahaan dalam membangun serta menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.
Otsuka Pharmaceuticalberusaha membangun hubungan baik pada seluruh segmentasi pembeli, yang ditunjukkan dengan cara pembagian minuman POCARI SWEAT gratis yang secara tidak langsung membangun hubungan yang erat antara konsumen dan perusahaan yang ditunjukkan dengan peningkatan permintaan konsumen atas produk POCARI SWEAT itu sendiri.

5.       5. Revenue streams menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan.
Usaha yang dilakukan  Otsuka Pharmaceutical dalam menciptakan dan mengenalkan POCARI SWEAT patut dinilai sangat tinggi, karena mengingat POCARI SWEAT sendiri memiliki manfaat untuk menyegarkan kondisi tubuh yang sedang mengeluarkan banyak keringat saat melakukan aktivitas yang berat. Dengan manfaat dan usaha yang dilakukan, POCARI merupakan prospek bisnis yang bagus untuk mendapatkan kesuksesan.

6.       6. Key resources menggambarkan asset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.
Sumber daya yang menjadikan kunci kesuksesan ialah para peneliti beserta hasil penelitiannya, team marketting dan strategi pemasarannya,supplier jeruk dan bahan dasar rasa berupa jeruk, dan didukung oleh keberanian pengambilan keputusan. Presiden Direktur yang bersikukuh tetap mempertahankan produk dan berani mengalami kerugian demi mendapatkan keuntungan yang besar.

7.       7. Key activities  merujuk pada hal- hal penting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja.
Nilai kunci dari aktivitas adalah usaha penelitian dan juga pemasaran. Penelitian yang membutuhkan waktu yang lama dan juga pemasaran yang susah dan harus menelan kerugian dengan nilai yang cukup tinggi, hingga akhirnya ditemukan produk yang baru (POCARI SWEAT) dan keuntungan penjualan yang akhirnya mencapai tiga kali lipat  dan  terus meningkat.  Channel distribusi dilakukan dengan cara pertama-tama mendekati konsumen secara langsung hingga titik puncak permintaan konsumen yang tinggi, yang kemudian diteruskan dengan mendistribusikan                              kepada pedagang-pedagang yang memiliki toko.       Hubungan dengan konsumen mengalami kegagalan pada awalnya tetapi dengan strategi yang telah diputuskan oleh team merketing, para konsumen pada akhirnya telah mengenal dan memulai mengkonsumsi produk POCARI SWEAT dengan jumlah yang cukup tinggi di 16 negara. Dengan arus pendapatan yang pada awalnya mengalami kerugian, tetapi pada akhirnya terus meningkat dari penjualan di berbagai negara.

8.       8. Key partnership  merujuk pada jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja.
Yang menjadi partner utama POCARI SWEAT yang pertama ialah Rokuro Harima dan Akihisa Takaichi karena atas kerja keras mereka, POCARI SWEAT telah mendapatkan titik puncak dari rasa yang akhirnya dapat di jual di pasaran. Yang kedua ialah Jiro Tanaka dan team marketing yang dengan susah payah menjalankan strategi agar POCARI SWEAT dapat diterima di pasaran dengan rasa yang menurut masyarakat sekitar memiliki rasa yang tidak enak. Yang ketiga ialah para pedagang-pedagang di Jepang, yang secara langsung menjadi distributor langsung dalam penjualan POCARI SWEAT. Yang terakhir ialah supplier jeruk yang dimana bahan dasar rasa POCARI SWEAT ialah jeruk, dengan adanya supplier jeruk maka POCARI SWEAT dapat tetap mendapatkan jeruk sebagai bahan dasar rasa POCARI SWEAT.


9.       9. Cost structure menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis.
Biaya yang terpenting ialah saat penelitian dilakukan, selama 3 tahun waktu digunakan untuk menciptakan produk.Setelah itu,produk yang diciptakan juga tidak diterima di masyarakat sehingga perusahaan berani mengalami kerugian yang sangat besar untuk mempertahankan produk. Sangat jelas disini, Key Resources dan Key Activities yang paling mahal    ialah   para peneliti     dan     p emasaran    POCARI SWEAT.

Oke kita uda liat videonya dan juga uda tau 9 blok bangunan dasarnya. Semoag bermanfaat yah teman-teman 
SAMPAI JUMPA DI ENTRI BLOG BERIKUTNYA
BE WHAT YOU WANT TO BE
MORE CREATIVE MORE INOVATIVE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar