Kembali lagi bersama Christian dalam entri blog terhot,
terpopuler, dan paling baru ini. Kali ini kita akan membahas seputar 9 blok
bangunan dasar yang penting dalam pemilihan model bisnis yang akan dijalankan.
Objek analisis yang saya pilih adalah POCARI
SWEAT
Tapi sebelum kita masuk ke materi yang serius….yuk kita lihat dulu
video jingle dari pocari sweat dibawah ini yah
Udah seger kan matanya. Sekarang kita akan kupas satu persatu apa saja 9 blok bangunan dasar yang
diaplikasikan oleh pocari sweat dalam bisnisnya. Kita akan mulai dari =
1. 1, Customer segments yaitu
sekelompok orang / organisasi yang menjadi target pemasaran perusahaan .
POCARI SWEAT
diciptakan dengan nilai dan kualitas tinggi, agar rasa dan manfaatnya
juga tidak rendahan dan dapat dirasakan secara maksimal oleh konsumen.
POCARI SWEAT diciptakan untuk konsumen yang memiliki kebutuhan minuman
pengganti cairan tubuh saat melakukan aktivitas yang menguras banyak tenaga
atau cairan dalam tubuh.
2.
2. Value
propositions adalah nilai yang ditawarkan kepada pelanggan oleh perusahaan.
Nilai
yang diberikan berupa kepuasan rasa dan asupan nutrisi yang penting dalam
tubuh. Nutrisi yang dikemas dengan menggantikan fungsi infus dengan rasa yang
lebih nikmat untuk dikonsumsi juga memberikan nilai praktis, sehingga para
konsumen yang memiliki daya aktivitas yang tinggi dan menguras tenaga tidak
perlu repot dalam proses pengembalian stamina didalam tubuh. POCARI SWEAT
sangat membantu dalam hal ini. Sehingga para konsumen terpuaskan.
.
3. 3. Channels adalah
saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan
pelangannya serta memberikan proposisi nilai.
Channels
yang digunakan Otsuka Pharmaceutical dalam
memasarkan produknya dimulai dari turun langsung atau langsung menjual produk POCARI
SWEAT ke konsumen, menemui setiap konsumen yang ditemui di jalan. Kemudian
melakukan evaluasi dan merubah cara pemasaran dengan mendistribusikan melalui
pedagang-pedagang yang memiliki toko. Cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan
ini merupakan cara yang paling bagus dalam pemasaran produk baru. Dengan
begitu, tenaga dapat dihemat dan tempat-tempat pendistribusian lebih luas
daripada harus turun langsung.
4. 4. Customer relationship
menggambarkan cara perusahaan dalam membangun serta menjaga hubungan yang baik
dengan pelanggan.
Otsuka
Pharmaceuticalberusaha membangun hubungan baik pada seluruh segmentasi pembeli,
yang ditunjukkan dengan cara pembagian minuman POCARI SWEAT gratis yang
secara tidak langsung membangun hubungan yang erat antara konsumen dan
perusahaan yang ditunjukkan dengan peningkatan permintaan konsumen atas produk
POCARI SWEAT itu sendiri.
5. 5. Revenue streams
menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen
pelanggan.
Usaha yang
dilakukan Otsuka Pharmaceutical dalam
menciptakan dan mengenalkan POCARI SWEAT patut dinilai sangat tinggi, karena
mengingat POCARI SWEAT sendiri memiliki manfaat untuk menyegarkan kondisi tubuh
yang sedang mengeluarkan banyak keringat saat melakukan aktivitas yang berat.
Dengan manfaat dan usaha yang dilakukan, POCARI merupakan prospek bisnis yang
bagus untuk mendapatkan kesuksesan.
6. 6. Key resources
menggambarkan asset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat
berfungsi.
Sumber daya yang menjadikan kunci
kesuksesan ialah para peneliti beserta
hasil penelitiannya, team marketting dan strategi pemasarannya,supplier jeruk
dan bahan dasar rasa berupa jeruk, dan didukung oleh keberanian pengambilan keputusan. Presiden Direktur yang bersikukuh tetap
mempertahankan produk dan berani mengalami
kerugian demi mendapatkan keuntungan yang besar.
7. 7. Key activities merujuk pada hal- hal penting yang harus
dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja.
Nilai kunci dari aktivitas adalah
usaha penelitian dan juga pemasaran.
Penelitian yang membutuhkan waktu yang lama dan juga pemasaran yang susah dan harus menelan kerugian dengan nilai yang cukup
tinggi, hingga akhirnya ditemukan produk
yang baru (POCARI SWEAT) dan keuntungan penjualan yang akhirnya mencapai tiga kali lipat dan terus meningkat. Channel distribusi dilakukan dengan cara pertama-tama
mendekati konsumen secara langsung hingga
titik puncak permintaan konsumen yang tinggi, yang kemudian diteruskan dengan mendistribusikan kepada pedagang-pedagang yang
memiliki toko. Hubungan dengan konsumen
mengalami kegagalan pada awalnya tetapi dengan strategi yang telah diputuskan oleh team merketing, para
konsumen pada akhirnya telah mengenal dan
memulai mengkonsumsi produk POCARI SWEAT dengan jumlah yang cukup tinggi di 16 negara. Dengan arus pendapatan yang pada awalnya
mengalami kerugian, tetapi pada akhirnya
terus meningkat dari penjualan di berbagai negara.
8. 8. Key partnership merujuk pada jaringan pemasok dan mitra yang
membuat model bisnis dapat bekerja.
Yang
menjadi partner utama POCARI SWEAT yang pertama ialah Rokuro Harima dan Akihisa
Takaichi karena atas kerja keras mereka, POCARI SWEAT telah mendapatkan titik
puncak dari rasa yang akhirnya dapat di jual di pasaran. Yang kedua ialah Jiro
Tanaka dan team marketing yang dengan susah payah menjalankan strategi agar
POCARI SWEAT dapat diterima di pasaran dengan rasa yang menurut masyarakat
sekitar memiliki rasa yang tidak enak. Yang ketiga ialah para pedagang-pedagang
di Jepang, yang secara langsung menjadi distributor langsung dalam penjualan
POCARI SWEAT. Yang terakhir ialah supplier jeruk yang dimana bahan dasar rasa
POCARI SWEAT ialah jeruk, dengan adanya supplier jeruk maka POCARI SWEAT dapat
tetap mendapatkan jeruk sebagai bahan dasar rasa POCARI SWEAT.
9. 9. Cost structure
menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis.
Biaya yang terpenting ialah
saat penelitian dilakukan, selama 3 tahun waktu digunakan untuk menciptakan produk.Setelah itu,produk yang
diciptakan juga tidak diterima di masyarakat sehingga perusahaan berani mengalami kerugian yang sangat besar untuk mempertahankan produk. Sangat jelas disini, Key
Resources dan Key Activities yang paling mahal
ialah para peneliti dan p emasaran POCARI SWEAT.
Oke kita uda liat videonya dan juga uda tau 9 blok bangunan dasarnya. Semoag bermanfaat yah teman-teman
SAMPAI JUMPA DI ENTRI BLOG BERIKUTNYA
BE WHAT YOU WANT TO BE
MORE CREATIVE MORE INOVATIVE