Sabtu, 18 Oktober 2014

Agricultural Advertising Development

para bloggers mungkin pada bingung yah arti dari awalan entri blog ini... nah setelah banyak minggu kita lalui bersama untuk mengupas berbagai hal setajam silet , kita akhirnya sampai pada topik dimana kita akan berbicara tentang pengembangan produk pertanian yang di iklan kan lewat media televisi.
Televisi merupakan salah satu media informasi utama sekarang , banyak iklan bertebaran mulai dari popok, makanan, minuman, kesehatan bahkan sampai politik. Di minggu siang yang indah ini saya menyempatkan waktu saya untuk menonton salah satu stasiun TV tercetar dan membahan di Indonesia yang sudah ada sejak saya kecil

Nah temen-temen pasti tau dong gambar disebelah ini logo stasiun tv apa??
Oke kalian sangat kompak, benar sekali kalo gambar stasiun tv di gambar sebelah ini adalah TRANS 7
banyak program unggulan dari trans 7 yang wajib dan layak ditonton apabila anda ingin menjadi orang yang update dan cetar membahan.


Salah satu acara yang saya sukai adalah SPOTLITE trans 7 yang hadir setiap senin sampai sabtu yang menghadirkan banyak informasi unik dan bermanfaat bagi kita ssmua tentunya seputar makanan, tips kesehata, kejadian politik dan sebagainya ynag pasti seru bingitss..

di sebelah ini adalah salah satu potret dari tayangan SPOTLITE..
haha bisa kalian lihat sendiri kan informasi yang disiarkan sangat unik dan aneh tapii seru buat ditonton seperti gambar sebelah ini.... saya saja sampai gugup menontonnya
SPOTLITE hadir menemani anda dari jam 08.30 pagi hingga 09.30 pagi.. Tentunya setiap acara tv ada selingan iklannya dong nah setelah saya amati ternyata setiap ada break untuk iklan komersial terdapat durasi 5 menit untuk total seluruh iklan dimana tiap iklannya memiliki waktu sekitar 20 detik.
Iklan yang ditayangkan selama acara spotlite berlangsung pun mencakup banyak jenis seperti list di bawah ini :
- otomotif                                       - body lotion                      - TEH PUCUK
- kesehatan                                    - Bodrex                             - beras ayam jago
- minuman nu green tea               - Scotts Vitamin                - elektronik
- indomie                                       - Nutriboost
- bebelaq                                       - sambal ABC
- molto                                           - biskuit good time
- traveloka                                     - kartu HALO

Berdasarkan riset yang saya lakukan ternyata presentase produk yang berkaitan dengan pertanian adalah sebesar 41,17%
Nah dari 17 iklan diatas, iklan produk pertanian yang ingin saya kembangkan produknya adalah TEH PUCUK karena merupakan komoditi yang diminati banyak orang.

Di dalam sebotol Teh Pucuk Harum Less Sugar, ada banyak sekali manfaat yang diberikan. Sebelum membahas apa saja manfaatnya, mari kita kupas kelebihan minuman dalam kemasan ini dengan merek lainnya. Yang pertama bisa dilihat dari tagline yang mereka bawa “Rasa teh terbaik ada di pucuknya.” Dari slogan itu bisa disimpulkan bahwa daun teh yang digunakan merupakan daun pilihan yang diambil dari daun muda yang ada di bagian ujung.
Rasanya belum ada minuman teh dalam kemasan lain yang sudah menyatakan bahwa daun teh yang digunakan merupakan daun yang terbaik dari pucuknya. Tidak adanya bahan pengawet menjadikannya tetap aman dikonsumsi.
Berbicara mengenai manfaat meminum Teh Pucuk Harum Less Sugar, sudah pasti yang pertama khasiat dari teh sendiri yang baik bagi kesehatan kulit, membersihkan jerawat, menurunkan berat badan dan juga mengurangi resiko kebotakan. Kadar gula yang sedikit juga bisa mengurangi masalah diabetes, salah satu penyakit membahayakan yang bisa menyerang siapa saja. Tanpa bahan pengawet dan juga tidak menggunakan pewarna apapun, membuat teh ini tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan di hari kemudian. Itulah beberapa manfaat dari meminum Teh Pucuk Harum Less Sugar yang terbuat dari bahan terbaik dan tanpa ada bahan pengawet serta pewarna makanan sehingga baik dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.

NAMUN , perlu diperhatikan juga bahwa teh pucuk ini memiliki banyak pesaing yang juga menawarkan produk pada segmen yang sama seperti sosro, teh gelas, nu green tea dan lainnya sehingga menjadi tantangan bagi perusahaan mayora yang memproduksi brand teh pucuk ini untuk melakukan inovasi agar tetap dapat bertahan di pasar minuman.
Dari sudut pandang saya, ada beberapa saran yang kiranya dapat membantu dalam pengembangan pemasaran produk teh pucuk ini yaitu :
1. Dibuat kemasan galon 
mungkin aneh bila minuman teh dibuat dalam kemasan galon ? tapi mungkin ini bisa juga menjadikan teh pucuk menjadi satu-satunya brand yang mengeluarkan teh galon dengan kapasitas 19 liter. Hal ini dapat menjadi rangsangan segar bagi para pecinta teh yang ingin selalu melewati hari-harinya dengan teh jadi tidka perlu repot-repot lagi membeli kemasan botol.
2. DIbuat varian rasa
Teh pucuk less sugar ini dapat dikembangkan menjadi teh pucuk dengan rasa strawberry, blueberry ataupun rasa buah lainnya. Hal inilah yang sebenarnya diperlukan karena selera konsumen terus berubah dan perlu ada keunikan diantara persamaan.
3. Mengadakan lomba kreasi teh
Dengan adanya lomba berhadiah dapat membantu memperluas citra brand teh pucuk ini sendiri karena perusahaan secara tidak langsung terbantu dengan adanya kreasi-kreasi baru dari konsumennya dengan menggunakan produknya sendiri sehingga biaya promosi yang dikeluarkan pun dapat ditekan namun hasil yang didapatkan jauh lebih baik.


Nah itu sekelumit informasi mulai dari iklan produk pertanian di trasn 7 hingga saran pengembangan produk dari teh pucuk :)
tapi jangan sedih dan khawatir karena spotlite hadir terus kok dari senin sampai sabtu jadi jangan sampai kelewatan yah...
sampai jumpa lagi di entri berikutnya !!!


BE WHAT YOU WANT TO BE !! MORE CREATIVE MORE INOVATIVE